Thursday 23 April 2015

PANDUAN LENGKAP MEMBUAT KANDANG ITIK

Agar memperoleh hasil yang bagus, Anda harus pandai menyiapkan tempat untuk hidup itik yang Anda pelihara, tak terkecuali bila tempay hidup itu dihalaman atau pekarangan rumah Anda.
Itik tidak mutlak membutuhkan air untuk berenag. Buktinya, pemeliharaan itik secara intensif dan terkurung tetap dapat mencapai produksi optimal 203 butir/tahun/ekor, sementara yang digembalakan hanya menghasilkan telur sebanyak 124 butir/tahun.
  • Persaratan Kandang
  1. Kandang harus memberikan rasa nyaman pada itik.
  2. Kondisi kandang harus memberikan kesehatan pada itik.
  3. Tempratur kandang kurang lebih 39 drajat C.
  4. Kelembaban kandang berkisar 60-65%.
  5. Penerangan kandang untuk memudahkan pengaturan apabila kandang agak besar.
  6. Kandang tidak harus dibuat dari bahan yang mahal; dapat dibuat secara sederhana asal tahan lama (kuat). Perlengkapan kandang berupa tempat makan, tempat minum, dan perlengkapan tambhan lain.
  • Jenis Kandang
 Ada beberapa jenis kandang yang dapat digunakan untuk bertternak itik. Kandang tidak harus besar, tetapi di sesuaikan dengan jumlah itik yang dipelihara.

-Kandang postal
Kandang postal adalah kandang yang memiliki pembatasan tertentu seperti dingding yang beratap. Alas kandang berupa campuran sekam padi /serutan kayu (litter) dan kapur. Kandang ini memberikan kebebasan kepada itik yang dipelihara karena dilepas bebas dalam areal petakan kandang tersebut.

-Kandang semi-umbaran
Kandang semi-umbaran (ranch) dibuat dengan bangunan kandang yang terbatas dan di lengkapi tempat umbaran. Kandang ini memberikan kesempatan pada itik untuk dapat berteduh di kandang pada waktu panas atau hujan dan dapat leluasa bergerak atau berjalan di tempat umbaran pada waktu siang.
Lantai kandang dapat dibuat permanen dilapisi semen, selanjutnya ditebari sekam padi. Tempat umbarannya dapat dibuat dari lapisan semen atau tanah yang di perkeras. Kandang ini juga dapat dilengkapi dengan kolam air dibagian umbarannya agar itik dapat berenang.

-Kandang baterai
Kandang baterai adalah kandang yang dipersiapkan agar satu itik dapat menempati satu petak kandang. Kandang biasanya berdingding kisi-kisi dengan bahan bambu atau kawat, bisa dibuat bersusun lebih dari dua. Biasanya kandang ini digunakan untuk menempatakan itik selepas masa remaja. Untuk kandang 20 x 40 x 30 cm memuat satu ekor itik dewasa.
  • Mempersiapkan Kandang
Anda dapat mulai mempersiapkan kandang yang akan Anda gunakan untuk memelihara itik. Sesuaikan ukuran kandang dengan tempat dan kemampuan keuangan Anda.

-Bentuk dan ukuran
Bentuk dan ukuran kandang dapat menyesuaikan kondisi dan lingkungan. Yang paling penting disini adalah Adna harus memperhitungkan ukuran kandang dengan jumlah itik yang akan Anda pelihara.
Untuk kandang postal, ram panggung dan semi-umbaran, ukuran tampung kandang adalah 5-12 ekor itik dewasa per M kuadarat. Sedangkan kandang baterai 20 x 40 x30 cm bisa memuat satu ekor itik dewasa. Kandang harus dibuat dengan memperhatikan kenyamanan itik, sirkulasi udara yang baik, sinar matahari yang dapat masuk, sehat, mudah dioprasikan.

-Kerangka bangunan
Bahan yang digunakan untuk kerangka disesuaikan dengan besar kecilnya bangunan, lokasi dan kemampuan finansial. Pilih bahan kerangka yang kuat, tahan lama dan harga terjangkau. Kerangka harus mampu menahan berat bangunan, curah hujan dan hampasan angin. Agar itik tetap produktif.

-Atap
Bila kandang di buat di luar rumah, sebaiknya atap kandang dibuat dengan kuat, bahan yang tidak mudah kropos atau berkarat. Bahan atap yang baik tidak mudah panas bila terkena sinar matahari dan tidak cepat dingin bila terkena hujan. Bentuk atau susunan atap juga berpengaruh terhadap sirkulasi udara yang ada di dalam kandang. Atap yang baik akan memberikan kenyamanan pada itik peliharaan. Agar itik tetap produktif.

-Dinding
Dinding kadang dapat dibuat dari kayu, bambu, kawat ram, atau kerangka bambu dilapisi plastik (terpal). Di daerah panas, dingding kandang harus lebih banyak celah-celahnya agar udara dapat keluar masuk dengan leluasa. Di daerah dingin, dingding kandang harus lebih tertutup supaya hangat. Agar itik tetap produktif.

-Alas
Dasar alas untuk kandang itik dapat dibuat dari semen atau tanah yang dipadatkan. Sedangkan kandang postal dan kandang semi-umbaran, lantainya dapat dilapisi sekam padi dan kapur. Sekam padi berfungsi sebagai penghangat, mengurangi bau kotoran dan sekaligus membantu proses pembusukan.  
  

0 komentar:

Post a Comment