Saturday 8 February 2014

PANDUAN PEMBUATAN KANDANG AYAM YANG BAIK

Pada kesempatan ini Rumah Peternakan akan menjelaskan tentang pemilihan sistem kandang ayam yang baik melanjutkan dari sebelumnya tentang cara memulai usaha ternak ayam kampung.

Sistem Kandang Alas Litter Seumur Hidup

Sistem kandang dapat berupa kandang besar seperti kandang ayam broiler, kandang susun, atau kandang panggung. Kandang merupakan tempat ayam berada selama seumur hidup, mulai dari anak ayam hingga masa bertelur. Semakin bertambah usia ayam, kepadatan kandang semakin diperluas sesuai pertumbuhannya. Kandang sistem ini tidak mempergunakan kandang khusus anak ayam. Kandang dibangun, dibersihkan, lalu dipersiapkan peralatannya. Masa awal sudah dapat dimulai dengan masuknya anak ayam. sistem ini umumnya digunakan untuk beternak secara intensif yang dilakukan pada peternakan ayam broiler. Variasi dari sistem kandang ini adalah sistem kandang berhalaman. Dengan menggunakan sistem kandang ini, harus di siapkan halaman di tiap kelompok, bukan di tiap kandang. Setiap kelompok yang terdiri dari dua kandang, cukup disediakan  satu halaman di bagian depan muka tiap kandang yang menyatu.
Sistem halaman seperti ini umumnya untuk ayam kampung hias dan kegemaran, seperti ayam pelung, ayam bangkok, dan ayam bekisar, atau ayam kampung super. Kandang dengan sendirinya berfungsi untuk tempat beristirahat dan bertelur apabila tiba saatnya. Sistem halaman ini emang efektif ketika ayam memasuki usia dewasa atau sekitar 2,5 bulan. Kelebihan menggunakan sistem kandang litter  seumur hidup adalah memberikan keleluasaan ayam beraktivitas, khususnya pada kandang berhalaman. Sistem pemeliharaan seperti ini juga lebih tepat diterapkan dengan ayam kampung komersial, khususnya ayam kampung pedaging. Akan tetapi, kelemahan dari sistem kandang ini adalah membutuhkan areal yang luas, terlebih lagi pada sistem kandang berhalaman.

Sistem kandang kotak cage

Kandang kotak cage dapat dibuat dari kawat atau bambu. Apabila menggunakan sistem kandang ini, harus disiapkan pula kandang anak ayam terlebih dahulu. Ayam-ayam tersebut di masukan ke dalam kotak-kotak cage setelah lepas masa remaja. Kandang yang di bangun hanya untuk melindungi kotak-kotak cage tersebut. Fungsi kandang ini hampir sama dengan kandang ayam ras petelur. Pembangunan kandang  tidak begitu penting, yang terpenting adalah menyiapkan pemeliharaan anak ayam dan ayam remaja. Kandang dapat di buat sederhana dengan tiang dari balok dan atap dari genting. dindingnya dapat menggunakan kawat atau bilah babu agar binatang-binatang penyebar penyakit seperti burung gereja, tikus, dan siput tidak dapat masuk.
Keuntungan menggunakan sistem kandang kotak cage adalah dapat menghemat luas areal tanah. Sistem kandang kotak cage dapat menampung ayam peliharaan dengan jumlah lebih banyak dibandingkan dengan sistem kandang litter dengan luas area yang sama. Namun, biaya investasi yang dikeluarkan lebih besar karena harus membuat kandang anak ayam, kotak-kotak cage, dan kandang pelindung kandang cage.
Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing sistem kandang, akan memudahkan menentukan sistem kandang yang paling tepat. Penentuan sistem itu kelak akan menentukan peralatan dan modal kerja yang harus di persiapkan. Salah satunya dapat dipilih untuk dipergunakan, sesuai situasi dan kondisi di peternakan atau lokasi peternakan itu akan di buka. Perlu di ketahui bahwa kandang tingkat dapat juga beralasan litter dan dapat di buat hingga tiga tingkat. Per unit dengan tiga tingkat dapat menjadi satu kelompok. Cara seperti itu dapat dipergunakan untuk peternakan ayam sekala kecil sampai menegah di pinggiran kota dan pedesaan dengan areal tanah terbatas. Umumnya mereka mengombinasikannya dengan sistem halaman.
Selanjutnya, yang perlu di rancang sebelum kandang di bangun adalah bahan bangunan pembuat kandang. Ada dua pertimbangan untuk itu, yaitu dibuat dengan biaya murah yang tahan lama, kecuali bila di seratkan bahan-bahan kimia pembantu. Jadi, pilihan sesuai dengan tujuan beternak. Bahan yang baik memang lebih mahal, tetapi tahan lama dan nlai baliknya menjadi lebih bermanfaat karena kandang dapat dipergunakan berkali-kali. Usaha peternakan ayam kampung yang masa produksinya dapat mencapai 1,5 tahun, belum mencapai titik impas bila hanya dua atau tiga kali masa produksi, apalagi dalam situasi pasaran lesu dan jumlah yang dipelihara kecil pula.
Bahan bangunan yang murah memang menyebabkan kandang yang di idamkan cepat terwujud. Akan tetapi, perlu di ingat bahwa kandang sederhana tidak identik dengan murahan. Hal yang penting adalah memilih bahan dan membangun kandang sesuai tujuan beternak ayam kampung.

1 comment:


  1. KALAH?
    HANYA DI ZEUSBOLA KALAH TETAP DAPAT BONUS CASHBACK 10%

    Bonus spesial ini diberikan kepada member yang kalah 10x berturut turut dalam sabung ayam online.

    deposit murah
    melayani 24 jam online
    fast respon
    deposit pulsa
    deposit all bank lokal indonesia


    Segera Hubungi Customer Service Kami Melalui
    Whatsapp : +6282277104607





    ReplyDelete