Saturday 3 May 2014

PELUANG USAHA SAMPINGAN

Kali ini rumah peternakan akan mengulas tentang peluang usaha sampingan. Sebenarnya usaha sampingan sangatlah banyak tetapi kali ini rumah peternakan akan membahas tentang usaha sampingan budidaya gurami, usaha budidaya gurami sangatlah mudah dilakukan untuk usaha sampingan atau usaha sepenuhnya karena dengan adanya budidaya gurami tidak memerlukan waktu yang sangat banyak, bisa dilakukan oleh karyawan atau pekerja kantoran. Karena budidaya gurami ini sangatlah mudah di jalankan oleh berbagai kalangan, Jika Anda ingin memulai usaha di bidang budidaya gurami syarat-syarat yang anda harus jalankan sebagai berikut :
Pertama Anda harus pelajari dahulu trik-trik budidaya gurami, gali informasinya dengan membaca buku, bertanya kepada orang yang sudah pengalaman di bidang budidaya gurami, dan seperti yang Anda lakukan sekarang dengan media blog yang menjelaskan tentang budidaya gurami.
Untuk pemula yang mau usaha di bidang budidaya gurami Anda harus menentukan dahulu apakah anda akan usaha di bidang pembesaran atau pembibitan. Kali ini rumah peternakan akan mengulas tentang usaha budidaya gurami pembibitan.
 Jika Anda pemula sebaiknya Anda membeli telur gurami dahulu jangan memijahkan karena untuk mempersingkat waktu. Perlakuan untuk telur gurami Anda sebaiknya menyimpan di dalam bak sampai 7 hari, dan di simpan di tempat yang aman yang tidak bisa di peroleh oleh predator-predator seperti semut, cicak, kucing dan dll. dan rutin untuk mengganti airnya agar telur gurami tersebut tidak banyak yang mati dikarenakan kotornya atau baunya air tersebut, jika ada yang mati cepatlah di ambil dan di buang agar tidak mempercepat perubahan air. cara untuk membersihkan minyak di dalam air dengan menggunakan koran, pertama koran sobek dahulu dengan ukuran yang biasa yang penting bisa masuk ke dalam bak, kemudian masukan pelan-pelan dan di angkat kembali.

Jika sudah mencapai 7 harian telur tersebut sudah berbentuk ikan dan hidup seperti gambar di atas. Setelah berumur 7 hari kemudian kita pindahkan ke kolam terpal/plastik. cara pembuatan kolam terpal atau plastik sudah di jelaskan sebelumnya.


Sebelum telur/larva tersebut di pindahkan ke dalam kolam plastik, Anda harus persiapkan dahulu. isi Airnya 3 hari sebelum larva tersebut di pindahkan ke dalam kolam plastik. Dikarenakan agar air tersebut sudah seteril dan tidak mengandung penyakit, jika sudah siap maka pemindahan larva bisa Anda lakukan.
Setelah gurami tersebut sudah ada dalam kolam plastik tersebut, maka Anda harus memberi makanannya, makanan gurami/larva gurami bisa menggunakan cacing sutra atau bisa di bilang cacing rambut tergantung daerah masing-masing menyebutnya. Pemberian pakan dengan menggunakan cacing sampai berumur 1 bulanan, dan seterusnya Anda misa menggunakan pakan PSC dari pasar atau penyedia pakan ikan di daerah Anda.
Saya akan jelaskan persentasenya, biasanya saya membeli telur gurami dengan harga Rp 100.000 dengan jumlah rata-rata dalam satu sarang gurami sekitar 6000 butir telur gurami, dan pembuatan kolam terpal dan plastik saya mengeluarkan modal sekitar 200.000, itu juga jika kita yang bikinya dan jika kita memburukan kepada orang lain mungkin tinggal tambah biaya untuk membayar pegawai tersebut. dan selama 1 bulan biasanya menghabiskan pakan sebesar Rp 300.000 an jadi total untuk usaha di bidang budi daya gurami tersebut Rp 600.000. biasanya dalam satu bulan bisa mencapai besar ukuran 1cm dengan harga jual biasanya 400-500 rupiah. Jadi 6000 ekor x Rp 500 = Rp 3,000,000 di kurangi biaya yang di atas sebesar Rp 600,000 jadi total bersihnya Rp 2.400.000 Lumayan sebagai usaha sampingan.
Jika Anda kepingin usaha budidaya gurami sebagai pokok usaha Anda, Anda tinggal memperbanyak kolam plastiknya dan perbanyak membeli telur guraminya tinggal anda kalikan saja, jika Anda mempunyai 4 kolam terpal atau plastik berarti 2.400.000 dikalikan empat kolam tersebut jadi Anda akan mendapatkan sebesar Rp 9.600.000 dalam jangka kurang lebih satu bulanan.Sangat luar biasa bukan.
Tapi Anda juga peru mengingat karena semua usaha tidak selamanya menguntungkan pasti ada kerugiannya atau bisa di bilang resikonya, karena dari itu Anda harus bertanya atau mencari pengetahuan tentang budidaya gurami tersebut dengan berbagai macam cara seperti kumpulan dengan orang orang yang sudah lama di bidang budi daya gurami, baca di bukuku, atau seperti yang Anda lakukan sekarang membaca dari media-media blogger yang menjelaskan tentang budidaya gurami.
Sekian dan terimakasih semoga ada manfaatnya bagi pembaca blog ini. Dan sukses selalu bagi yang mau budidaya gurami.
Jika ada pertanyaan anda bisa berkomentar di bawah ini atau bisa langsung hubungi saya di No hp yang tercantum di atas.

0 komentar:

Post a Comment